Tuesday, November 07, 2006

Sirik

Setiap orang pasti pernah mengalami perasaan tidak suka/sirik, tidak puas atas orang lain. Meliputi : perkataan, sikap/kelakuan, kebiasaan, cara orang meresponi sesuatu hal dan banyak sebab lainnya.Berucap dalam hati," koq bisaa ya??, "koq adaaa orang seperti itu ya??", "koq keik gitu sih?" Dan segudang pertanyaan lain yang kemudian bisa jadi topik untuk curhat. Kalo curhat tentang masalah pribadi(berkaitan dengan orang lain), tidak apalah untuk meringankan hati, mencari nasihat dan mengetahui perpektif orang luar terhadap masalah yang ada. Namun jika sudah curhat bertopik orang lain semata, yang jadi justeru ngegosip kali yaaa. Wanita dan gossip bisakah dipisahkan ??

Gosip, digosok makin sip demikianlah istilah populer bilang. Bisa dibenarkankah?? Sebatas dibicarakan untuk apdet informasi mungkin masih dibenarkan. Tetapi jika sudah bersifat menjelekkan, ditambah unsur sirik, dengki dan iri layak untuk dihindari. Apalagi untuk orang yang saling kenal, wah sebisa mungkin jangan deh..Buntutnya bisa kepaitan hati.

Mengatasi sirik, beberapa point di bawah mungkin dapat membantu :

Akan lebih baik jika kita langsung bicara empat mata dengan orang yang tidak kita sukai.
Saling share apa yang disuka dan apa yang tidak disuka dari pribadi masing². Hal ini membutuhkan keberanian dan situasi hati yang "adém". Cara bicarapun mesti diatur sehalus mungkin supaya tidak saling menyinggung perasaan yang akibatnya malah bisa lebih fatal.

Jika masih gagal, tidak ada cara lagi selain kita yang berubah. Hati berubah, perspektif kita kepada orang tersebut juga harus berubah. Harus menerima karena memang begitulah dia adanya. Hal ini yang mungkin sulit dilakukan. Makan waktunya lama. Dan kadang membuat kita menjadi tidak "care" sama sekali terhadap orang tersebut. Cuekz géto loh.. Butuh pembelajaran karena cara pandang orang terhadap suatu hal/masalah memang berbeda.

***

Rasa sebal dan sirik sama orang pasti pernah Mom alami, tetapi jarang tidak sering. Céilaahhh, belagu amat kali yeee... Tapi memang begitulah yang terjadi.Mom hanya sebal dengan orang tidak tahu tanggung jawab(super cuek khususnya untuk keluarga), orang yang gangguin kita dan orang yang selalu mau tauuu aja urusan orang.

Dulu semasa kuliah, ada satu teman yang bikin sebal. Lebih tepatnya teman satu kost-an. Suka cekakak-cekikikan keras², gangguin bgtz.Entah disengaja atau gak, sudah tau/ngaku diri dan nyadar kalo ketawanya keras eeehh teutep aja gak jaga/atur diri. Sok heboh bgtz. Begitu terusss...bikin pusing pala. Blom lagi suka contek/tiru gaya orang. Entah model sendal, celana, baju, warna. Bikin beté dan gondok hati ajah. :)) Hehehe sudah berlalu...bersyukur bisa melaluinya. Thanks ama teman setia yang pernah menampung curhat ini.

Kayaknya masih nanggung nih btw segéto dulu aja yaa, gak tau kapan deh disambung lagi.Mét kerja semuanyaaa, gbu, bye.

***

Note : Janganlah saling sirik.

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

siapa yg suka sirik????????nga mungkin kan tiba2 bahas ini??di off ya kejadiannya?

11:42 AM  
Anonymous Anonymous said...

siapa yg suka sirik????????nga mungkin kan tiba2 bahas ini??di off ya kejadiannya?

11:42 AM  
Blogger Yenny Lesly said...

Hahaha, dulu waktu SMA masa siriknya baru deh kenceng banget... terakhir tambah tua, rasanya dah gak guna sirik-sirikan. Menurutku sirik itu capek banget loh, capek hati terus kalo diikutin lama-lama jadi kanker hati deh. Sementara yang disirikin mah cuek aja, kita nya yang kelenger. Jadi sirik itu tiada gunalah yauw! :))

7:26 PM  

Post a Comment

<< Home